Bukit Rimpi a.k.a Bukit Teletubbies

by - 6:20 PM

Masih ingat dengan Tinky Winky, Dipsy, Lala, & Po? Keempat sohib warna-warni di zaman kita masih unyu-unyunya? Yep, they are teletubbies, empat boneka lucu--- makhluk berantena yang di perutnya bisa muncul televisi hahaha --- yang muncul dari dalam bukit-bukit hijau bersama sang mentari berbentuk kepala bayi yang lagi ketawa-ketiwi --- yang entah mengapa pada saat itu terlihat lucu banget, padahal dia memiliki konsep yang sama dengan makhluk astral yang beken di pulau Kalimantan, Kuyang :D. Tapi bukan kepada Teletubbies-nya objek pembicaraan saya akan menuju, melainkan pada bukit tempat tinggal merekalah tulisan ini akan bermula, Bukit Teletubbies.

Well, sebenarnya saya sedang tidak mengajak Anda untuk bernostalgila. Hanya saja saya ingin berbagi nostalgia yang saya alami saat ke sebuah tempat yang dinamai 'Bukit Teletubbies' ini.

Bukit Teletubbies --- bukan nama sebenarnya hehehe --- atau Bukit Rimpi adalah sebuah lokasi perbukitan hijau yang sedang hits saat ini di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya. Tepatnya berlokasi di kabupaten Tanah Laut, Pelaihari dengan jarak sekitar ... km dari kota. Jalan yang dilalui lumayan bagus, didominasi dengan jalan beraspal, jadi kita bisa mengendarai mobil hingga ke kaki bukit. Ada banyak tempat parkir mobil dan kendaraan bermotor yang disediakan oleh masyarakat setempat. Dari tempat parkir tersebut, kita langsung bisa berjalan kaki untuk mendaki bukit yang sebenarnya sangat dekat dengan pemukiman warga. Bentuknya yang mirip dengan tempat hidup kawan lama kita, si Tinky Winky bersaudara, membuatnya mendapat julukan Bukit Teletubbies.

Bukit ini sendiri originalnya adalah tempat para warga melepas sapi-sapi mereka untuk merumput. Jadi, tak heran kita bisa menemukan kotoran sapi dimana-mana. Hahaha. Namun, hal tersebut ternyata tidak menjadi pantangan bagi masyarakat yang ingin mengunjungi bukit ini. Terbukti dengan jumlah pengunjung yang ternyata cukup banyak dengan rentang usia yang bervariasi.

Entah karena masyarakat sudah mulai bosan dengan wisata pantai, atau karena sudah mulai jengah dengan tempat-tempat wisata yang semakin hari semakin kotor dan mulai berubah menjadi tempat pembuangan sampah, masyarakat Kalimantan Selatan, dari anak-anak sampai orang dewasa, sepertinya mendapat mainan baru --- atau mungkin tempat sampah baru --- untuk dikunjungi.

Ada dua hal yang bisa kita soroti dari Bukit Rimpi a.k.a Teletubbies ini. Bahwa yang pertama, Kalimantan Selatan ini memiliki titik-titik wisata yang tidak kalah keren dengan tempat-tempat wisata di Pulau Jawa. Namun yang kedua bahwa, sangat disayangkan sekali ternyata faktanya tempat-tempat wisata di Kalimantan Selatan ini tak ubahnya pasar malam. Keseruannya meninggalkan tumpukan sampah dimana-mana dan kerusakan ekosistem yang ada di dalamnya. Luar biasa dan luar binasa!

Dan satu hal yang harusnya bisa kita ingat bahwa ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah sebagai pengelola yang bertanggung jawab atas kekayaan alam yang berada di dalam wilayahnya, tapi juga merupakan tanggung jawab kita sebagai masyarakat --- terutama yang suka mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.

Indahnya alam jika kita bisa menjaganya, hanya dengan langkah kecil seperti dengan membuang sampah pada tempatnya --- atau kalau perlu dikantongin dulu sampai menemukan tempat sampah. Bayangkan atau rasakan, betapa indah, keren, dan nyamannya tempat-tempat wisata di Kalimantan Selatan ini jika dalam keadaan terawat, bersih, dan rapi.  Kita pasti tidak akan bosan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata sendiri, sehingga tidak perlu iri dengan pulau Bali. Bahkan tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan luar pun bisa jadi akan sangat tertarik dengan wisata kita yang ada di sini.

Jangan sampai kita --- terutama masyarakat Kalimantan Selatan --- hanya menjadi pengunjung dan  penikmat alam yang aslinya adalah perusak masal kekayaan alam sendiri. Namun, jadilah pengunjung yang bijak dan mencintai alam.

Yuk jaga alam kita, sehingga bisa terus kita nikmati indahnya dan supaya kita bisa berbagi dengan dunia. Indonesia itu kaya, dan Kalimantan Selatan ini Bungas (cantik), dan sudah seharusnya kita jaga sehingga dunia melihat ke arah kita. Jangan biarkan anak cucu kita nanti tergila-gila dengan keindahan negara-negara lain, tanpa mengenal keindahan negaranya sendiri. ;)

You May Also Like

0 komentar