Tes Potensi Akademik - Tes Verbal Analogi

by - 5:52 PM



Good Afternoon!
Hari ini Duestinae akan berbagi mengenai Tes Verbal Analogi yang biasanya kita dapatkan saat menghadapi TPA untuk masuk kerja, CPNS, SBMPTN, dan sebagainya. Fungsinya adalah untuk melihat bagaimana tingkat pemahaman kita terhadap hubungan antar kata yang bertujuan untuk melihat kemampuan dalam memahami sebuah permasalahan.

Tips untuk menjawab soal tipe analogi adalah, selalu munculkan pertanyaan "Apa hubungannya ini dan itu?" sehingga kita nantinya akan mendapatkan analogi yang tepat.

Yuk sama-sama belajar bagaimana cara mengerjakan TPA dengan Tes Verbal Analogi. Berikut contoh soal dalam Tes Verbal Analogi beserta pembahasannya!

1. Mobil - Bensin = Pelari - ....... .....   
    a. Makanan                             b. Sepatu   
    c. Kaos                                     d. Yang dilintasi

Mari kita pikirkan, apa hubungan mobil dengan bensin? Yep, mobil tidak bisa jalan kalau nggak ada bensin. Bensin merupakan senyawa/ asupan yang dimasukkan ke dalam body mobil agar mesin mobil bisa bergerak. Nah, sekarang mari kita analogikan!
Jika analoginya mobil adalah pelari, maka asupan yang dimasukkan agar tubuh  pelari bergerak adalah makanan!
Jadi jawabannya adalah A!

2. Dingin - Selimut = Hujan - ....... .....   
     a. Air                                         b. Payung   
     c. Dingin                                  d. Basah

Pertanyaan pertama saat kita menemukan soal analogi adalah "Apa hubungannya ini dan itu?". Nah sekarang apa hubungannya dingin dengan selimut?? Yaaa, benar sekali. Hubungannya adalah, selimut akan digunakan manusia saat cuaca atau kondisi sedang dingin
Jadi, apa yang akan digunakan manusia saat cuaca atau kondisi sedang hujan? Yep tepat sekali. Jawabannya adalah payung!
Jadi jawaban yang paling tepat adalah B!

3. Semir - Sepatu = Sikat - ....... .....   
    a. Kuku                                     b. Rambut  
    c. Televisi                                 d. Gigi

Berikutnya, mari kita perhatikan, apa hubungannya semir dan sepatu? Semir digunakan untuk mengilapkan sepatu.  Jadi, analoginya adalah sikat bisa digunakan untuk mengilapkan benda apa? Sudah pasti ketemu jawabannya bukan? Jawabannya jelas adalah gigi!
Jadi jawabannya adalah D!

4. Kepala - Pusing = Perut - ....... .....   
     a. Batuk                                   b. Pilek  
     c. Mules                                   d. Gemuk

Sekarang jadi tambah mahir dalam mejawab soal analogi kan? Hehe. Mari kita lanjutkan.  Nah, apa hubungan antara kepala dengan pusing. Yesss! Pusing adalah salah satu nama rasa sakit yang menyerang kepala. Nah kalau rasa sakit yang menyerang perut namanya apa?
Well, sudah pasti tau kan jawabannya. Mules!
Jawabannya adalah C!

5. Bugil - Pakaian = Gundul - ....... .....   
     a. Botak                                     b. Kepala   
     c. Cukur                                     d. Rambut

Okay, kalau hubungan antara bugil dan pakaian apa? eits! Jangan mikir yang aneh-aneh yaa. Inget, kita harus tetap fokus. :D
Hubungan bugil dengan pakaian adalah bugil berarti tidak berpakaian sedikit pun. Jadi seseorang akan disebut gundul kalau dia tidak berambut sedikit pun!
Jawabannya adalah D!

6. Kayu - Pohon = Emas - ....... .....   
     a. Tambang                                b. Perhiasan   
     c. Mahal                                      d. Logam

Lalu apa hubungannya kayu dengan pohon. Pada soal ini, beberapa orang ada yang langsung menyimpulkan bahwa kayu adalah jenis pohon dan akhirnya menjawab emas adalah logam. That is big NO! Hubungan kayu dengan pohon adalah, kayu bisa di dapat dari pohon, karena pohon adalah sumber kayu. 
Oleh karena itu, dimanakah sumber emas? Tepat! Sumber emas adalah di tambang!
Jawabannya adalah A!

7. Saya - Kami = Beliau - ....... .....   
    a. Kamu                                       b. Mereka  
    c. Anda                                        d. Kami

Nah masih inget pelajaran kata ganti dalam bahasa Indonesia? 'Saya' adalah kata ganti orang pertama tunggal dan 'kami' adalah kata ganti orang pertama jamak. Jadi hubungannya jelas sekali bahwa kata pertama tunggal dan kata kedua jamak. Jika 'kamu' adalah kata ganti orang kedua tunggal dan 'kalian' adalah kata ganti orang kedua jamak, maka 'beliau' merupakan kata ganti orang ketiga tunggal, dan kata ganti ketiga jamaknya adalah 'mereka'!
Jawabannya adalah B!

8. Kumis - Kucing = Belalai - ....... .....   
     a. Ular                                         b. Harimau  
     c. Gajah                                       d. Hidung

Sekarang kalau ngomongin kucing, pasti inget dengan kumisnya yang menggemaskan yaa. Tapi jangan salah loh, kumis kucing itu banyak fungsi nya untuk si kucing terutama untuk menangkap mangsa/mencari makan. Jadi analoginya, belalai digunakan dan dimiliki oleh hewan apa untuk mencari makan? Yep! Jawaban yang tepat adalah Gajah!
Jadi jawabannya adalah C!

9. Ayah - Anak = Pohon - ....... .....   
    a. Daun                                         b. Tunas   
    c. Ranting                                     d. Akar

Nah, kalau hubungan ayah dan anak bagaimana? Anak adalah keturunan dari ayah yang merupakan hasil proses reproduksi yang merupakan individu berbeda dari sang ayah bukan? jika dianalogikan dengan pohon? Maka jawaban mana yang paling tepat yang menggambarkan keturunan dan individu berbeda dari  si pohon? Yes! Daun, ranting, dan akar merupakan bagian dari pohon dan bukan merupakan keturunan yang merupakan hasil dari proses reproduksi. Jadi jelas jawabannya adalah, tunas!
Jawabannya adalah B!

10. Busur - Panah = Senapan - ....... .....   
     a. Peluru                                     b. Senjata  
     c. Berbahaya                              d. Tembakan

Okeh, soal ke-10 nih. Apa hubungan busur dan panah? Panah adalah senjata yang dilepaskan oleh busur. Bagaimana dengan senapan? Sebagai senjata, benda apa yang dilepaskan? Yep. Peluru!
Jadi jawabannya adalah A!

Oke gaes! Segitu dulu yaa pembahasan soal TPA kategori Tes Verbal Analogi nya. Lanjutannya akan ada di postingan selanjutnya! Untuk mendukung laman ini, klik advertisement, atau like dan sucscribe Youtube Duestinae yaa. Nanti pembahasan akan kita buat berbentuk animasi dan diupload di akun tersebut. Untuk melihat pembahasan TPA yang lain, klik 'TES POTENSI AKADEMIK' pada label di samping. Semoga bermanfaat!

Thank You and sukses terus semua!!

by Duestinae a.k.a Noor Saadah
Sumber soal "http://latihan-soal-tpa-tes-potensi-akademik-kuantitatif-1.bekasimart.com"
  

You May Also Like

0 komentar