Photoshop Tutorial : Efek Summer Fashion

Wednesday, November 12, 2014 1 komentar


Lagi menyelesaikan terjemahan, laporan, tulisan, dan hal-hal lain yang berhubungan dan tidak, terlintas dipikiranku untuk istirahat sejenak dengan bermain-main Photoshop. Kemudian lintasan ide selanjutnya muncul, kenapa tidak menulis tutorial editing photoshop saja?

Sebenarnya dengan banyaknya aplikasi editing foto yang instan, photosop mungkin terasa jadi lebih ribet. Buat apa buka photoshop kalau sudah ada aplikasi gratis yang tinggal klik dan hasilnya langsung jadi?

Sebenarnya ada beberapa kekurangan dari aplikasi instan tersebut (menurut saya), misalnya resolusi hasil gambar yang menjadi lebih kecil dan efek yang tidak bisa disesuaikan dengan kondisi gambar yang kita miliki. 

Dengan Photoshop, sebanarnya permasalahan tersebut bisa teratasi dengan baik, hanya saja mungkin jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi tersebut, Photoshop jadi terasa ribet.

Kali ini, saya akan membagi ilmu tentang efek 'Summer Fashion' yang sangat sederhana dan bisa disesuaikan dengan kondisi foto masing-masing hanya dengan menggunakan beberapa adjustment layers.

Ini adalah foto yang saya pakai. ;)

Pertama, silakan buka file foto di Photoshop, kemudian klik 'Layer' - 'New Adjusment Layer' - 'Hue/Saturation' - OK. Kemudian atur Saturation  +25, and  Lightness to +10 seperti berikut: 
*pengaturan ini sebenarnya tidak baku, jadi silakan disesuaikan sendiri sesuai keinginan masing-masing.

Pengaturan ini akan membuat foto menjadi lebih cerah dan terang.

Selanjutnya, silakan klik Layer - New Fill Layer - Solid Color - OK.  Gunakan kode warna #fff372 yakni kuning pucat.


Kemudian, pada bagian layer disamping kanan, silakan atur mode Multiply dengan Opacity 80% dan Fill 80%. *Opacity dan Fill bisa disesuaikan sesuai kesukaan masing-masing.


Selanjutnya, silakan klik Layer - New Fill Layer - Solid Color - OK.  Gunakan kode warna #c67dff yakni ungu pucat.



Kemudian, pada bagian layer disamping kanan, silakan atur mode Lighten dengan Opacity 50% dan Fill 50%. *Opacity dan Fill bisa disesuaikan sesuai kesukaan masing-masing.





Sekali lagi, silakan klik Layer - New Fill Layer - Solid Color - OK.  Gunakan kode warna #578aff yakni biru pucat.

Kemudian, pada bagian layer disamping kanan, silakan atur mode Color Dodge dengan Opacity 50% dan Fill 50%. *Opacity dan Fill bisa disesuaikan sesuai kesukaan masing-masing.


Terakhir silakan klik Layer - New Fill Layer - Gradient - OK. Style-nya Linear dengan Angle sesuka-suka Anda bagusnya dimana. Hehehe


Setelah itu atur mode Soft Light dengan opacity sesuai selera.



VIOLA! Foto Anda sudah memiliki efek Summer Fashion. Selamat mencoba.

1 comment:

 

Please, Keep in Touch!

©Copyright 2011 Love Your Life | TNB